didin-yp.co.cc ,hanya sedikit info yang saya berikan semoga bermanfaat,jangan lupa komentarnya

Kamis, 13 Desember 2012

Mengecas (charging) aki motor menggunakan PSU (power supply komputer)

Pake motor matic, aki drop, sudah stater pake kaki sampe ngos-ngosan motor masih saja nggak mau hidup. Gara-gara lama ga pernah dipake jadinya aki nggak pernah terisi, mau ke bengkel jauh padahal ini satu-satuya motor. Tapi nggak usah khawatir, anda bisa mengecasnya sendiri menggunakan Power Supply dari casing cpu bekas (asalkan PSU-nya ga rusak).


Bahan yang diperlukan cukup PSU dan kawat kabel yang terdapat dalam kabel listrik PLN, sedangkan alat yang digunakan obeng dan tang untuk memotong kawat kabel tadi.

Sebelum melakukannya ada baiknya jika kita pahami dahulu warna-warna kabel yang keluar dari PSU. Untuk power supply ATX yang banyak beredar saat ini setidaknya terdapat warna Merah, oranye, kuning, hijau, biru dan Hitam yang masing masing mempunyai tegangan output tertentu dan fungsi tertentu.
  1. Merah : +5 V
  2. Oranye : +3.3 V
  3. Kuning : +12 V
  4. Hijau : Switch On PSU
  5. Biru : -12 V
  6. Hitam : Ground
Aki sepeda motor biasanya menggunakan tegangan sebesar 12 Volt, menurut teori fisika, untuk memindahkan muatan kearah berlawanan harus menggunakan tegangan yang lebih tinggi, dalam hal ini adalah sewaktu proses recharging, tetapi jika terlalu tinggi juga dapat menyebabkan aki overcharge, jadi kemungkinan yang bisa digunakan adalah tegangan sebesar 17 Volt dan 24 Volt, yaitu kombinasi Merah-Biru untuk 17 V dan Kuning-Biru untuk 24 V. Saya menganjurkan menggunakan yang 17 V.
Sambungkan keluaran kabel Hijau dan Hitam untuk menghidupkan PSU, dengan mencolokan kawat pada keluaran kabel hijau dan hitam. Sewaktu proses charging sambungan ini jangan dilepas untuk memastikan power supply tetap hidup. Siapkan dua Kawat lagi untuk menyambungkan ke aki motor tadi. Keluaran kabel Merah disambungkan ke kutub positif (+) aki dan kabel Biru ke kutub negatif (-) aki. Lakukan pengecasan kurang lebih selama 3 jam, maka aki anda siap untuk digunakan menstater sepeda motor...
Share

2 komentar:

  1. Apakah tidak berpengaruh jika langsung d kombinasikan kabel merah dan biru

    BalasHapus
  2. Apa tidak berpengaruh jika kabel merah dan biru langsung d kombinasikan

    BalasHapus