Alarm berguna untuk menghindari terjadinya pencurian sepeda motor.
Berikut ini akan saya tuliskan bagaimana membuat alarm sendiri. Sirine
dari alarm keamanan adalah menggunakan klakson yang sudah ada pada motor
anda.
Cara kerja dari alarm yang saya buat ini adalah mematikan
arus CDI sehingga mesin tidak dapat dihidupkan. Apabila kunci kontak
dipaksa berada pada posisi ‘ON’ maka klakson akan berbunyi secara terus
menerus walaupun kunci kontak dikembalikan pada posisi ‘OFF’ klakson
akan tetap berbunyi. Hal ini pasti akan membuat sang pencuri menjadi
panik dan memilih untuk kabur, hahaha...
Alat yang perlu disiapkan:
1. Solder dan timah
2. Gunting
3. Isolasi kabel
Bahan yang perlu disiapkan:
1. Saklar (switch) 3 kaki..........Rp 2.500
2. Relay 4 kaki......................Rp 15.000
3. Soket relay.......................Rp 5.000
4. Kabel 3 meter....................Rp 4.500
EMBOH SAK IKI WES MUNDAK PALENG,.hehehe
Diagram kelistrikan alarm:
Memasang saklar alarm:
Saklar
alarm diletakkan pada daerah yang sulit dijangkau yaitu dibawah jok,
seperti pada gambar dibawah. Potong kabel negatif CDI yang berwarna
hitam bergaris putih, lalu sambungkan ke saklar alarm yang berkaki 3.
Perhatikan posisinya!! Kabel dari cdi menuju ke saklar dipasang pada
kaki nomer 1 (pinggir) sedangkan kabel dari potongan cdi menuju bodi itu
dipasang pada kaki nomer 2 (tengah). Kemudian siapkan kabel panjang
pada kaki nomer 3 (pinggir) menuju klakson, biarkan dahulu kita lanjut
langkah memasang relay dulu yee..
Memasang relay:
Pasang
relay pada soketnya, satukan kaki nomer 86 dengan kabel panjang dari
saklar alarm yg tadi telah disiapkan, kemudian sambung ke negatif
klakson (kabel klakson berwarna hijau). Sambung kaki nomer 30 dan 85
menjadi satu, lalu disambung ke positif klakson (kabel klakson berwarna
oranye). Kaki nomer 87 dipasang ke aki, yaitu kabel merah pada soket
berwarna hijau.
Pengetesan:
Selesai merakit rangkaian diatas, ada baiknya kita melakukan pengetesan sistem alarm yang kita buat itu.
Pertama,
posisikan saklar alarm berada pada posisi OFF, kemudian nyalakan kunci
kontak pada posisi ON (seharusnya tidak terjadi apa2). Kemudian hidupkan
mesin (seharusnya mesin dapat hidup dengan sempurna), lakukan
pengetesan pada klakson, teeet teeet teeet (seharusnya klakson dapat
berfungsi normal). Jika semua terasa baik kemudian matikan kunci kontak
pada posisi OFF.
Kedua, posisikan saklar alarm
berada pada posisi ON, kemudian nyalakan kunci kontak pada posisi ON
(seharusnya klakson akan berbunyi). Kemudian coba hidupkan mesin
(seharusnya mesin tidak dapat dihidupkan). Langkah terakhir adalah
mematikan kunci kontak ke posisi OFF (seharusnya klakson akan tetap
berbunyi, berbunyi, dan teruuus berbunyi...)
Langkah terakhir
adalah mematikan bunyi klakson alarm yang sanggup membuat telinga
bergetar, bergetar dan bergetar... Cabut kunci kontak, buka jok,
kemudian matikan alarm dengan memindahkan saklar alarm ke posisi OFF.
Demikian ulasan tentang uraian singkat sistem alarm pada sepeda motor. Semoga bermanfaat gan, Thanks...
Share
Tidak ada komentar:
Posting Komentar